Menghadapi Quarter Life Crisis dengan Berkebun

Selamat pagi dari kota Jepara yang tadi malam hujan deras.

Saya pernah post di blog ini tentang quarter life crisis, namun saya hapus karena setelah dibaca berulang-ulang kok kayaknya malu gitu ya..xixixi.

Sekarang masih mengalami quarter life crisis??? Masih, tapi tidak separah dulu. Intinya saat mood tidak jelas dan perasaan terombang-ambing,,,tuh si hantu quater life crisis mulai ngintip-ngintip.. 😀 😀

Sekarang, salah satu pelarian saya jika perasaan terombang-ambing itu datang adalah dengan berkebun. Tapi karena nyambi kerja kantoran yang pergi pagi pulang petang, saya tidak full setiap hari merawat kebun.

Kebanyakan tanaman yang saya tanam adalah sayur-sayuran yang mudah ditanam dan bisa dimakan seperti kangkung, tomat, bayam hijau, bayam merah, kemangi, dan baru-baru ini saya coba taman mentimun.

Oh ya, ini untuk konsumsi pribadi yaa,,, karena hasil panennya belum layak untuk diperjual belikan

Berikut beberapa update kebun saya:

1. Bayam merah

index
baru petik dari kebun, dibuat sayur untuk bekal kerja

2. Mentimun

1 hari
Foto diambil hari Sabtu
4 hari
Foto diambil tadi pagi

Saya paling amazed sama pertumbuhan mentimun. Baru 3 hari udah gede…

Ini pertama kali saya tanam mentimun

ada sekitar 6 biji yang saya tanam. Semuanya tumbuh, karena beberapa minggu saya sibuk, tuh taneman saya biarkan saja. Akhirnya 3 tanaman yang bertahan, dan pas saya tengok kebun ternyata muncul bakal buahnya.. jadilah saya coba rawat tanaman yang tersisa. Saya buatkan rambatan dari tali rafia.

Berkebun itu menenangkan jiwa. Perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata saat mencangkul tanah, membabat rumput, menyemai benih, berkeringat karena terik matahari. Disaat yang sama berharap apa yang saya kerjakan bisa saya lihat bertumbuh. Syukur-syukur kalau bisa menikmati hasilnya.

Mungkin hasilnya kalau dipamerin ke orang-orang bisa-bisa cuma diketawain, tapi manfaat dari aktifitas berkebun yang bisa membuat saya waras saat saya rasa hidup sedang tidak ada indah-indahnya #eaaaa

Jepara 13 Maret 2019

 

Published by Galuh

Jalanin aja dulu...

Leave a comment